Monday, October 14, 2019

RPP Direct Instruction

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran            : FISIKA
Kelas/Semester            : X IPA/ 1
Materi Pembelajaran   : Gerak Melingkar
Alokasi Waktu            : 6 Jam Pelajaran

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 3  :  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.     Kompetensi Dasar
3.6 Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan
        penerapannya dalam kehidypan sehari-hari
4.6 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang gerak melingkar, makna
        fisis dan pemanfaatannya
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1   Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh 

           yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
3.6.2   Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal pada gerak melingkar beraturan
3.6.3   Menjelaskan konsep percepatan sentripetal
3.6.4   Menentukan rumusan matematis percepatan sentripetal pada gerak melingkar 

           beraturan
3.6.5   Menghitung besar percepatan sentripetal pada gerak melingkar beraturan
3.6.6   Mengaplikasikan konsep percepatan sentripetal pada contoh gerak kendaraan di 

           jalan melingkar.
3.6.7   Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
3.6.8   Mengidentifikasi macam-macam hubungan roda-roda
3.6.9   Menyebutkan karakteristik hubungan roda-roda
3.6.10 Menghitung kecepatan sudut pada hubungan roda-roda
3.6.11 Menghitung kecepatan linear pada hubungan roda-roda
4.6.1   Melakukan percobaan gerak melingkar beraturan dan percepatan sentripetal
4.6.2   Mengolah dan menyajikan data percobaan gerak melingkar beraturan dan 

           percepatan sentripetal
4.6.3   Menyajikan hasil percobaan gerak melingkar beraturan dan percepatan sentripetal
D.    Tujuan Pembelajaran
1.  Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang
            terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
2.  Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal pada gerak melingkar beraturan
3.  Menjelaskan konsep percepatan sentripetal
4. Menentukan rumusan matematis percepatan sentripetal pada gerak melingkar beraturan
5.  Menghitung besar percepatan sentripetal pada gerak melingkar beraturan
6. Mengaplikasikankonsep percepatan sentripetal pada contoh gerak kendaraan di jalan
            melingkar.
7.  Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
8.  Mengidentifikasi macam-macam hubungan roda-roda
9.  Menyebutkan karakteristik hubungan roda-roda
10. Menghitung kecepatan sudut pada hubungan roda-roda
11. Menghitung kecepatan linear pada hubungan roda-roda
12. Menerapkan gerak melingkar pada jalan yang menikung
13. Melakukan percobaan gerak melingkar beraturan dan percepatan sentripetal
14. Mengolah dan menyajikan data percobaan gerak melingkar beraturan dan percepatan
            sentripetal
15. Menyajikan hasil percobaan gerak melingkar beraturan dan percepatan sentripetal
E.       Materi Pembelajaran
Fakta
  Fenomena gerak melingkar: roda sepeda, gir sepeda, jarum jam (detik, menit, jam)
  Alat putar sentripetal
  Gerak baling-baling kipas angin
Konsep
  Gerak melingkar
  Frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan sudut, liner, percepatan sentripetal
Prinsip
  GMB
  Roda berputar seporos atau berhubungan
Prosedur
  Percobaan gerak melingakar untuk roda yang berhub dan seporos
F.     Metode Pembelajaran
1.Metode Pembelajaran    : Persentasi guru, Demonstrasi, Percobaan, Tugas.
2. Model Pembelajaran     : Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).
3. Pendekatan                   : Scientific
G.    Media Pembelajaran
1. LKS Gerak Melingkar Beraturan
2. Alat demonstrasi
3. Animasi gerak planet, sepeda, komedi putar, dll
4. Ulangan harian
H.    Sumber Pembelajaran
1. Kanginan, Marthen. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
2. LKS Gerak Melingkar Beraturan
I.       Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Tahap 1 Klarifikasi tujuan dan motivasi Peserta didik.
1.      Mengucapkan salam
2.      Doa pembuka
3.      Guru menanyakan kehadiran peserta didik
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik untuk memulai pembelajaran tentang gerak melingkar beraturan.
5.      Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pada kegiatan pembelajaran ini.
6.      Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Inti
Tahap 2 Mempresentasikan pengetahuan atau mendemonstrasikan keterampilan.
1.      Guru menayangkan video penerapan gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari (gerak suatu planet mengelilingi bintang dan gerak komedi putar)
2.      Menjelaskan konsep gerak melingkar dari tayangan video
3.      Membimbing siswa membuat pemahaman jenis-jenis besaran gerak melingkar
4.      Membimbing siswa membuat pemahaman definisi periode, frekuensi dan kecepatan sudut
5.      Membimbing siswa membuat pemahaman hubungan jarak linier dan posisi sudut
6.      Membimbing siswa membuat pemahaman konsep kecepatan linear dan kecepatan sudut
75 menit

Tahap 3 Memberi Latihan terbimbing
1.      Menyiapkan alat demontrasi gerak melingkar
2.      Membagi kelas menjadi beberapa kelompok
3.      Membagikan LKS Gerak melingkar beraturan dan alat bahan percobaan
4.      Meminta masing-masing kelompok melakukan percobaan yang ada dalam LKS gerak melingkar beraturan
5.      Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data
Tahap 4 Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan balik
1.      Menunjuk kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan
2.      Mengecek pemahaman siswa dengan meminta kelompok lain untuk bertanya dan atau memberikan tanggapan kepada kelompok yang presentasi
3.      Memberikan umpan balik kepada siswa
4.      Guru menilai kemampuan peserta didik dalam mempresentasikan pekerjaannya
Penutup
Tahap 5 Latihan Mandiri
1.      Guru membuat kesimpulan pembelajaran
2.      Guru memberikan pekerjaan rumah terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilakukan
3.      Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya masih berkaitan dengan gerak melingkar beraturan.
4.      Berdoa.
5.      Guru mengucapkan salam.
5 menit

Jumlah
90 menit
Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Tahap 1 Klarifikasi tujuan dan motivasi Peserta didik.
1.        Mengucapkan salam
2.      Doa pembuka
3.      Guru menanyakan kehadiran peserta didik
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik untuk memulai pembelajaran tentang gerak melingkar beraturan.
5.      Guru menagih tugas pada pertemuan sebelumnya
6.      Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pada kegiatan pembelajaran ini.
7.      Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Inti
Tahap 2 Mempresentasikan pengetahuan atau mendemonstrasikan keterampilan.
1.      Guru memberikan demonstrasi tentang kejadian sehari-hari dengan memperlihatkan koin di dalam balon dan koin tersebut bisa berputar putar. Kelereng di dalam bulatan isolasi skortlet dan kelereng berputar-putar. Guru juga memperlihatkan video tentang percepatan sentripetal di luar angkasa
2.      Menjelaskan konsep tentang percepatan sentripetal dari demonstrasi yang telah dilakukan
75 menit
Tahap 3 Memberi Latihan terbimbing
1.      Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing masing terdiri atas 4 orang
2.      Membagikan LKS percepatan sentripetal dan alat bahan percobaan
3.      Meminta masing-masing kelompok melakukan percobaan yang ada dalam LKS gerak melingkar beraturan
4.      Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data
Tahap 4 Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan balik
1.      Menunjuk kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan
2.      mengecek pemahaman siswa dengan meminta kelompok lain untuk bertanya dan atau memberikan tanggapan kepada kelompok yang presentasi
3.      Menilai peserta didik dalam komunikasi lisan
4.      Guru memberikan penguatan terkait materi yang dibahas
5.      Memberikan umpan balik kepada siswa
Penutup
Tahap 5 Latihan Mandiri
1.        Guru membuat kesimpulan pembelajaran
2.      Guru memberikan pekerjaan rumah terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilakukan
3.      Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya masih berkaitan dengan gerak melingkar beraturan.
4.      Berdoa.
5.      Guru mengucapkan salam.
5 menit

Jumlah
90    Menit
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Tahap 1 Klarifikasi tujuan dan motivasi Peserta didik.
1.        Mengucapkan salam
2.      Doa pembuka
3.      Guru menanyakan kehadiran peserta didik
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik untuk memulai pembelajaran tentang gerak melingkar beraturan.
5.      Guru menagih tugas pada pertemuan sebelumnya
6.      Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pada kegiatan pembelajaran ini.
7.      Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Inti
Tahap 2 Mempresentasikan pengetahuan atau mendemonstrasikan keterampilan.
1.      Guru melakukan demonstrasi (melalui video animasi gerak sepeda gayuh). Video tersebut merupakan animasi sepeda ontel, yang mana sepeda tersebut memakai mesin dengan roda gigi besar di depan dan roda gigi kecil di belakang.
2.      Memberikan pemahaman tentang konsep hubungan roda-roda
75 menit
Tahap 3 Memberi Latihan terbimbing
1.      Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang
2.      Membagikan LKS hubungan antara roda-roda dan alat bahan percobaan
3.      Meminta masing-masing kelompok melakukan percobaan yang ada dalam LKS gerak melingkar beraturan
4.      Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data
Tahap 4 Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan balik
1.    Menunjuk kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan
2.    mengecek pemahaman siswa dengan meminta kelompok lain untuk bertanya dan atau memberikan tanggapan kepada kelompok yang presentasi
3.    Menilai peserta didik dalam komunikasi lisan
4.    Guru memberikan penguatan terkait materi yang dibahas
5.    Memberikan umpan balik kepada siswa
Penutup
Tahap 5 Latihan Mandiri
1.      Guru membuat kesimpulan pembelajaran
2.      Guru menyampaikan bahwa pertemuan selanjutnya adalah ulangan harian untuk bab gerak melingkar beraturan.
3.      Berdoa
4.      Guru mengucapkan salam
5 menit

Jumlah
90 menit
J.   Penilaian
      Instrumen Penilaian
      Pengetahuan: Tes tertulis (Lampiran 2)
Keterampilan: Penilaian praktik (Lampiran 3)
Penilaian kegiatan diskusi (Lampiran 4)
Penilaian kinerja presentasi (Lampiran 5)
Penilaian portofolio (Lampiran 6)

                                                                     Kota, tanggal bulan tahun
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                    Guru Mata Pelajaran Fisika

...........................................                                                                ...........................................

NIP.                                                                                                    NIP.

No comments:

Post a Comment

LKS Hubungan Roda-Roda

LEMBAR KERJA SISWA HUBUNGAN RODA-RODA Tujuan 1.       Menghitung kecepatan linear dan kecepatan sudut 2.       Membandingkan kecep...