LEMBAR KERJA SISWA
GERAK MELINGKAR BERATURAN
Bila
ada sebuah roda yang menggelinding secara beraturan, besaran apa sajakah yang
dapat kalian identifikasi dari roda tersebut?
Alat dan Bahan
1. Roda mainan
2. Stopwatch
3. Penggaris
Langkah-Langkah Percobaan
1.
Siapkan roda mainan dan
carilah tempat yang bisa digunakan untuk menggelindingkan roda (tempat datar
dan halus)!
2. Siapkan
stopwatch dan penggaris!
3.
Gelindingkan roda sampai
3x putaran (usahakan “tanda” ada di bagianbawah saat akan menggelindingkan
roda), catat waktu yang dibutuhkan untuk berputar 3x putaran! (PENTING : PASTIKAN RODA MENGGELINDING SECARA GMB)
4. Ukur
jarak yang ditempuh roda saat menggelinding 3x putaran!
5.
Tabelkan hasil data
pengamatan!
Diskusi
1. Berapakah jumlah putaran
yang dilakukan tiapsekonnya?
.........................................................................................................................................
Disebut
apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan
SI)?.......................................
2. Berapakah waktu yang diperlukan untuk 1x
putaran.........................................................................................................................................
Disebut
apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?.......................................
Hubungkan besaran ini dengan nomor 1?.....................................
3. Dalam selang waktu tertentu, “tanda” pada roda melewati panjang busur tertentu pula, disebut apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?..............................
Bagaimana arah dari besaran tersebut?...........................................................................
Bagaimana formula matematisnya?................................................................................
Hubungkan besaran ini dengan nomor 1?.....................................
3. Dalam selang waktu tertentu, “tanda” pada roda melewati panjang busur tertentu pula, disebut apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?..............................
Bagaimana arah dari besaran tersebut?...........................................................................
Bagaimana formula matematisnya?................................................................................
4.
Apakah sama antara jarak yang ditempuh “tanda” pada roda melewati busur
dengan jarak perpindahan translasi roda (gerak
secara horisontal)?.........................................
Apa
yang dapat kalian jelaskan?....................................................................................
5.
Dalam selang waktu tertentu, “tanda” pada roda melewati besar sudut tertentu
pula, disebut
apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?........................................
Bagaimana
formula matematisnya? (informasi : gunakan satuan rad untuk sudut)..........................
6. Hubungkan besaran pada nomor 3 dan nomor
5! .........................................................
Kesimpulan
Kesimpulan apa
yang dapat diambil dari percobaan ini?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment