Monday, October 14, 2019

LKS Gerak Melingkar Beraturan


LEMBAR KERJA SISWA
GERAK MELINGKAR BERATURAN
Bila ada sebuah roda yang menggelinding secara beraturan, besaran apa sajakah yang dapat kalian identifikasi dari roda tersebut?
Alat dan Bahan


1.  Roda mainan
2.  Stopwatch
3.  Penggaris
Langkah-Langkah Percobaan
    1.      Siapkan roda mainan dan carilah tempat yang bisa digunakan untuk menggelindingkan roda (tempat datar dan halus)!
    2.      Siapkan stopwatch dan penggaris!
    3.      Gelindingkan roda sampai 3x putaran (usahakan “tanda” ada di bagianbawah saat akan menggelindingkan roda), catat waktu yang dibutuhkan untuk berputar 3x putaran! (PENTING : PASTIKAN RODA MENGGELINDING SECARA GMB)
   4.      Ukur jarak yang ditempuh roda saat menggelinding 3x putaran!
   5.      Tabelkan hasil data pengamatan!
Diskusi
        1. Berapakah jumlah putaran yang dilakukan tiapsekonnya?
.........................................................................................................................................
Disebut apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?.......................................
2. Berapakah waktu yang diperlukan untuk 1x putaran.........................................................................................................................................
Disebut apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?.......................................
Hubungkan besaran ini dengan nomor 1?.....................................
3.  Dalam selang waktu tertentu, “tanda” pada roda melewati panjang busur tertentu pula, disebut apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?..............................
Bagaimana arah dari besaran tersebut?...........................................................................
Bagaimana formula matematisnya?................................................................................
 4.  Apakah sama antara jarak yang ditempuh “tanda” pada roda melewati busur dengan jarak perpindahan translasi roda (gerak secara horisontal)?.........................................
Apa yang dapat kalian jelaskan?....................................................................................
5. Dalam selang waktu tertentu, “tanda” pada roda melewati besar sudut tertentu pula, disebut apakah besaran tersebut (beri notasi dan satuan SI)?........................................
Bagaimana formula matematisnya? (informasi : gunakan satuan rad untuk sudut)..........................
6.  Hubungkan besaran pada nomor 3 dan nomor 5! .........................................................
Kesimpulan
Kesimpulan apa yang dapat diambil dari percobaan ini?

..........................................................................................................................................................................................................................................................................................

No comments:

Post a Comment

LKS Hubungan Roda-Roda

LEMBAR KERJA SISWA HUBUNGAN RODA-RODA Tujuan 1.       Menghitung kecepatan linear dan kecepatan sudut 2.       Membandingkan kecep...